Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebong

WARDIANSYAH, ELVAN and , Sri (2019) Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebong. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44109.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ditemukannya beberapa masalah dalam proses pembuatan E-KTP seperti waktu pengurusan yang lama, rendahnya sikap kedisiplinan pegawai, serta sarana-dan prasarana kurang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Narasumber penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Conslusion Drawing), sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kepemilikan E-KTP bagi mereka. hendaknya pihak Dinnas Kependudukan dan Catatan Sipil sering melakukan sosialisasi dan publikasi tentang manfaat E~KTP, termasuk syarat, prosedur, dan biaya pelayanannya. Sebab, salah satu penyebab masih banyaknya masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran dari masyarakat tentang arti penting dan manfaat E-KTP. Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kepndudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Lebong dinilai dari dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy), Kemampuan dan pengetahuan pegawai dalam menjawab pertanyaan masyarakat sudah cukup baik, keterampilan pegawai dalam memberikan Iayanan mendapat respon baik dari masyarakat, dan pegawai bersikap ramah dan sopan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44109.pdf
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Public Service, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304.6094-304.6099 Population by Localities (Populasi di Lokasi Tertentu, Sensus Penduduk di Lokasi Tertentu)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:47
Last Modified: 14 Dec 2023 01:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9873

Actions (login required)

View Item View Item