Pembelajaran Tematik dengan Model Discovery Learning Berbantuan Media Presentasi untuk Meningkatkan Literasi dan Rasa login Tahu Siswa Kelas IV Pada Tema Selalu Hemat Energi

BARI, ATIQUL (2019) Pembelajaran Tematik dengan Model Discovery Learning Berbantuan Media Presentasi untuk Meningkatkan Literasi dan Rasa login Tahu Siswa Kelas IV Pada Tema Selalu Hemat Energi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44285.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran melalui penerapan model discovery learning berbantuan media presentasi untuk meningkatkan literasi dan rasa ingin tahu siswa kelas IV terhadap tema selalu hemat energi. Pengembangan pembelajaran dengan penerapan model tersebut bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran tematik yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: Silabus, RPP, Buku Siswa, dan LKS, sehingga sebagai variabel penelitian ini meliputi rasa ingin tahu, keterampilan literasi kemampuan kemampuan literasi tematik. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, pengingkatan dan tes. Uji validitas perangkat pembelajaran diuji dengan validasi ahli. Uji kepraktisan perangkat pembelajaran dilakukan dengan uji coba terbatas dengan melihat kemampuan guru mencobakan perangkat dan respon siswa terhadap pembelajaran. Uji efektif perangkat pembelajaran dilakukan dengan melakukan uji banding, ke kemampuan literasi dan uji pengaruh rasa ingin tahu dan ketrampilan literasi terhadap kemampuan literasi tematik pada subjek siswa SD Negeri 1 Krasak Kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan validitas dengan skor perangkat rata-rata 4,18 dengan kategori baik. Kriteria praktis ditunjukkan dengan skor rata-rata 4,42 kategori sangat baik dan respon siswa 84,44% kategori sangat baik. Kriteria efektif menununjukkan 1) kemampuan literasi kelas eksperimen mencapai ketuntasan secara klasikal ataupun individual, 2) terdapat pengaruh positif rasa ingin tahu dan ketrampilan literasi terhadap kemampuan literasi; 3) kemampuan literasi tematik kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol Jadi pengembangan perangkat pembelajaran tematik dengan model discovery learning berbantuan media presentasi tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44285.pdf
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning Models Assisted by Media Presentation, Curiosity, Literacy Skills, Model Discovery Learning Berbantuan Media Presentasi, Rasa ingin tahu, Kemampuan literasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:44
Last Modified: 05 Dec 2023 08:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9879

Actions (login required)

View Item View Item