Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemberian Surat Keterangan dan Pengantar Pada Kantor Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu

EFFENDI, DWI TEGUH and Riswanda, and Santosa, Agus (2019) Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemberian Surat Keterangan dan Pengantar Pada Kantor Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44288.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (untuk menganalisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada Kantor Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpan Empat Kabupaten Tanah Bumbu Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan skala Likert dengan jenis instrumen angket atau kuesioner dimana jawaban setiap item instrumen memiliki tingkatan nilai sangat positif sampai sangat negatif dengan pemberian skor sebagai berikut : Sangat setuju nilai 4, setuju nilai 3, tidak setuju nilai 2, sangat tidak setuju nilai 1. Hasil dari penilaian masyarakat melalui kusioner diolah hingga menjadi nilai IKM dan nilai indeks kepuasan masyarakat dengan interval 25 - 43,75 kinerja pelayanan tidak baik nilai D, interval 43,76 - 62,50 kinerja pelayanan kurang baik nilai C, interval 62,51 - 81,25 kinerja pelayanan baik nilai B, dan interval 81,26 -100 kinerj pelayanan sangat baik nilai A. Sesuai pedoman survey kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik nomor 16 Tahun 2014 indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan .pada Kantor Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu 78,38 dan berdasarkan keputusan Men.PAN Nomor: KEP/25M.P AN/2/2004 kinerja pelayanan pada Kantor Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu termasuk pada mutu pelayanan "B" atau kinerja unit pelayanan termasuk "Baik" karena berada pada nilai interval antara 62,51 - 81 ,25. Saran-saran dari hasil penelitian adalah ( 1) Kantor Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu sebaiknya selalu melakukan survei atau penelitian kepada masyarakat, untuk melihat apakah masyarakat tersebut puas atau tidak terhadap pelayanan yang telah diberikan minimal satu kali dalam satu tahun bisa dengan mekanisme metode survey dengan responden masyarkat penerima layanan pada Kantor Kelurahan K.ampung Baru. (2) Apabila lurah tidak berada di kantor, hendaknya salah satu petugas diberikan wewenang untuk menandatangani surat atau berkas-berkas yang pada saat itu sangat di perlukan sekali oleh masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih cepat. (3) Pegawai sebaiknya disiplin dalam bekerja agar jadual pelayanan bisa tepat waktu, pada saat jam pelayanan buka maka petugas sudah harus siap ditempat untuk memberikan pelayanan. (4) Walaupun lingkungan kerja pelayanan dianggap baik oleh masyarakat, namun sebaiknya tetap selalu menjaga kebersihan lingkungannya dan menata tempat parkir yang baik. (5) Meskipun menurut data sudah dianggap baik, pihak kelurahan perlu melakukan inovasi terobosan untuk lebih mempermudah dalam pemberian pelayanan bisa dengan hal yang sederhana seperti membuat tempat bermain sederhana untuk anak-anak, agar pada saat berurusan rnasyarakat yang membawa anak bisa fokus dan mudah dalam berurusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44288.pdf
Uncontrolled Keywords: Community Satisfaction Index, New Village Services, Giving a cover letter, IKM Kampung Baru Village, Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kampung Baru, Pemberian surat pengantar, IKM Kelurahan Kampung Baru
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:23
Last Modified: 27 Jul 2022 09:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9883

Actions (login required)

View Item View Item