Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu

RIDWAN, MUHAMMAD and Djaenuri, Aries and Madiarti Isman, Suci (2007) Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40162.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah tentang pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan pada Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh kemampuan pegawai dan motivasi kerja pegawai secara simultan terhadap kualitas pelayanan perpajakan; (2) Pengaruh kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan; dan (3) Pengaruh motivasi kerj al pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Satu Jalan TMP Kalibata No. 19 Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang bersifat deskriptif analitis, dengan sampel 100 pegawai dan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik statistik regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa besarya pengaruh secara simultan antara kemampuan pegawai (X1) dan motivasi kerj~ pegawai (X2) terhadap kualitas pelayanan perpajakan (Y) sebesar 0,321 tergolong sedang Sedangkan kontribusi secara bersamasama (simultan) variabel Xr dan X2 terhadap (Y) = R2 x 100% atau 0,3212 x 100% = 10,3% dan sisanya 89,7% ditentukan oleh variabel lain. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah y = 45,456 - 0,273 XI + 0,457 x2 . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Besarnya pengaruh variabel kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan adalah sebesar 0,057; (2) Besarnya pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan adalah 0,260. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan hal sebagai berikut : (1) Pimpinan senantiasa meningkatkan kemampuan pegawainya, sehingga pegawai dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan; (2) Pimpinan menempatkan pegawai yang relevan dengan keahliannya dan professional dalam bidangnya; (3) Motivasi kerja aparat perlu ditingkatkan dengan memperhatikan berbagai aspek; ( 4) Pimpinan harus selalu memantau kinerja pegawainya. (5) Bagi peneliti yang ingin mengadakan penelitian tentang pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan perpajakan hendaknya menambah faktor lain atau mengganti obyek yang berbeda atau waktu yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40162.pdf
Uncontrolled Keywords: Work Motivation, Tax Service Quality, Taxation, Foreign Capital, Motivasi kerja, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Perpajakan, Modal Asing
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.041 Capital (Modal, Permodalan)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.24 Income Taxes (Pajak Pendapatan, Pajak Penghasilan)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.152 Management of Investment, Capitalization (Manajemen Investasi, Manajemen Modal, Kapitalisasi)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:16
Last Modified: 25 Jul 2022 06:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9893

Actions (login required)

View Item View Item