Strategi dan Inovasi Agribisnis Perikanan

Yuliana, Ernik (2020) Strategi dan Inovasi Agribisnis Perikanan. In: Seminar Wisuda UPBJJ-UT Majene 2022, 4 Juni 2020, Pondok cabe, Tangerang Selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Inovasi Agribisnis_Majene_Rev3-1.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Indonesia mempunyai 62% (dua per tiga) wilayah perairan, dengan luas laut yang dapat dikelola adalah 5,8 juta km2. Indonesia mempunyai proporsi produksi perikanan budidaya (67%) lebih besar daripada perikanan tangkap (33%). Besarnya potensi perikanan Indonesia juga harus dibarengi dengan penguasaan teknologi penangkapan, teknologi pascapanen, dan teknologi pemasaran. Tujuan penulisan artikel ini adalah menganalisis: 1) permasalahan pemasaran dan pengelolaan perikanan; 2) Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0; 3) pengelolaan perikanan pada Era Society 5.0. Dari hasil studi literatur dan pengamatan di lapangan didapatkan bahwa permasalahan pemasaran dan pengelolaan perikanan meliputi dua asepek besar yaitu jerat kemiskinan nelayan dan ketersediaan data. Solusi dan inovasi untuk mengatasai permasalahan yang disampaikan adalah pemanfaatan teknologi dalam bidang perikanan, baik pada aspek produksi maupun pemasaran. Dengan demikian nelayan dapat menghasilkan produk yang berstandar global dan mempunyai teknologi pemasaran yang yang memadai

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): S0027-22.pdf
Uncontrolled Keywords: inovasi, agribisnis perikanan, kemiskinan nelayan, Sosiety 5.0, Revolusi Indusitri 4.0.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:04
Last Modified: 01 Aug 2022 03:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9935

Actions (login required)

View Item View Item