Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 001 Batu Sopang

NORMANSYAH, and Tindangen, Makrina and Listyarini, Sri (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 001 Batu Sopang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43912.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Pemendikbud) No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Akan tetapi yang terjadi di lapangan, pembelajaran cenderung berpusat pada guru, hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, siswa hanya dituntut menghafal informasi, tidak munculnya bakat ilmiah dan kemampuan berfikir siswa untuk menghasilkan ide I gagasan-gagasan baru, serta siswa tidak terbiasa menghubungkan apa yang dipelajari dengan kehidupan nyata mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan kurangnya pengalaman guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan masih berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat mengatasi masalah tersebut adalah melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Sekalipun demikian infonnasi tentang pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA masih kurang, tergolong baru dan merupakan informasi penting untuk dikaji. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 001 Batu Sopang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif uji T (SPSS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap SD Negeri 001 Batu Sopang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 70 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu 35 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan pembelajaran biasa dengan nilai rata-rata 72,34 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 59,03. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 001 Batu Sopang, sehingga sangat bagus untuk diterapkan dalam mata pelajaran IP A maupun mata pelajaran lain jika berkenaan dengan materi yang membutuhkan proses pembuktian secara ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43912.pdf
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Social Interactions, Learning Outcomes, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:12
Last Modified: 03 Aug 2022 01:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item View Item