Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Instrumental Ma Tematis Dan Beliefs Melalui Pendeka Tan Open Ended Dan Realistic Mathematics Educationpada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Utara

NASUTION, NENNI JUNITA (2018) Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Instrumental Ma Tematis Dan Beliefs Melalui Pendeka Tan Open Ended Dan Realistic Mathematics Educationpada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43939.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman Instrumental Matematis dan Beliefs Matematis siswa kelas V yang menggunakan pendekatan Open Ended dan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu: seluruh siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara, sedangkan sampel penelitian yaitu: kelas Va di SDN 200108 Padangsidimpuan dan Vb di SDN 200101 Padangsidimpuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket beliefs dan tes kemampuan pemahaman Instrumental Matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman Instrumental Matematis siswa kelas V yang menggunakan pendekatan Open Ended dan RME; {2) ada perbedaan peningkatan Beliefs Matematis siswa kelas V yang menggunakan pendekatan Open Ended dan RME; (3) kemampuan pemahaman Instrumental Matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai peningkatan skor lebih rendah daripada pendekatan RME; dan (4) beliefs Matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai peningkatan skor lebih rendah daripada pendekatan RME.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43939.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematics Instrumental Thinking Skill, Mathematics Beliefs, Open Ended Approach, Realistic Mathematics Education (RME) Approach, Kemampuan Pemahaman Instrumental Matematis, BeliefS Matematis, Pendekatan Open Ended, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:23
Last Modified: 04 Dec 2023 02:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item