Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Open Ended Pada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Utara

RANGKUTI, NURHAIDA and Amin Fauzi, M. and Herman, (2018) Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Open Ended Pada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43934.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan karena siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan Matematika melalui pengalamannya dalam memecahkan masalah matematis. Kenyataan di lapangan, belum semua guru yang memperhatikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 200101 Padangsidimpuan masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang sekolah di SDN Padangsidimpuan Utara. Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sampel penelitian ini yaitu kelas V-A di SDN 200101 Padangsidimpuan dan V-B di SDN 200108 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples T-Test dan uji Gain Score. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara; (2) terdapat perbedaan peningkatan Self Efficacy siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara; (3)kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME mempunyai peningkatan skor lebih tinggi daripada pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara.; dan (4) Self Efficacy siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME mempunyai peningkatan skor lebih tinggi daripada pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43934.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Self Efficacy, Realistic Mathematics Education (RME) Approach, Open Ended Approach, Kemampuan Pemecahan Masalah Maternatis, Self Efficacy, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Pendekatan Open Ended
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:46
Last Modified: 03 Aug 2022 01:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9941

Actions (login required)

View Item View Item