Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Perkalian

SUMARTININGSIH, and Dafik, and Suparti, (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Perkalian. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44386.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif siswa sangat penting, tetapi pada kenyataannya, hal itu belum memenuhi harapan. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menerapkan bahan pembelajaran yang bertujuan untuk mengkonstruksi Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam mengatasi kesulitan dan menyelesaikan masalah perkalian siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif akan digunakan untuk menganalisis tipe data interval hasil belajar siswa, sedangkan metode kualitatif akan digunakan untuk menganalisis data ordinal keterampilan berpikir kreatif. Responden penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 34 siswa. Hasil menunjukkan setelah implementasi bahan pembelajaran berbasis pembelajaran berbasis penelitian, ditemukan bahwa persentase keterampilan berpikir kreatif untuk kelas kontrol adalah 60% untuk pengelolaan, 65% untuk kelancaran, 59% untuk fleksibilitas, 51% untuk hal baru dan 56% untuk evaluasi. Sementara kelas Eksperimen adalah 73% untuk pengelolaan, 75% untuk kelancaran,78% untuk fleksibilitas, 61% untuk hal baru dan 68% untuk evaluasi. Kemudian skor independent sample t-test dari post-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,003 (p = <0,05). Dapat disimpulkan bahwa implementasi bahan ajar pembelajaran berbasis penemuan dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah perkalian matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44386.pdf
Uncontrolled Keywords: Discovery Based Learning, Evaluative Skills, Multiplication, Mathematics, Discovery Based Learning, Ketrampilan Evaluatif, Perkalian, Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:27
Last Modified: 03 Aug 2022 02:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9946

Actions (login required)

View Item View Item