Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Di Kelas V SDN 200101 Padangsidimpuan

HASIBUAN, HUSNIATI and Bangun Harahap, Mara and Rokhiyah, Isti (2018) Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Di Kelas V SDN 200101 Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43919.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganialisis hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluriili siswa ketas V di SDN 200101 Padangsidimpuan. Teknik penentuan sampel menggunakan Sampel Jenuh sehingga ditentukan subjek penelitian dua kelas yaitu kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan basil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan Discovery Learning; dan (2) peningkatan basil belajar IPA siswa setelah diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan Discovery Learning. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi Lpa dari pada Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43919.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Outromes of Science, Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil belajar lPA, Problem Based Learning, Discovery Learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.21 Statistic of Education (Statistik Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:12
Last Modified: 03 Aug 2022 04:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item View Item