Pengaruh Iklim Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Profesionalisme Tenaga Pendidik Pada SMA Negeri 1 Kaur

AMRIZAL, (2017) Pengaruh Iklim Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Profesionalisme Tenaga Pendidik Pada SMA Negeri 1 Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43943.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berbagai aspek yang dapat memengaruhi kualitas pendidikan yaitu kualitas guru, sarana prasarana, kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian serta system pengawasan. Guru merupakan sumber daya manusia yang mengerahkan dan mendayagunakan faktor-faktor dalam pendidikan, sehingga tercipta proses pembelajaran yang bermakna dan berkualitas. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh iklim sekolah dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan pada SMA Negeri 1 Kaur. Sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang tenaga pendidik dan kependidikan pada SMA Negeri 1 Kaur. Hasil pengujian regresi berganda Y = 2,030 + 0,422X1+ 0,558X2 + e menjelaskan bahwa variabel indenpenden (iklim sekolah dan kepuasan kerja) berpengaruh positif terhadap profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan pada SMA Negeri 1 Kaur. Hal ini menggambarkan bahwa iklim sekolah dan kepuasan kerja sudah diterapkan dengan baik pada SMA Negeri 1 Kaur sehingga dapat meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan. Berdasakan hasil uji simultan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai signifikansi di bawah 0,05 menunjukkan bahwa secara bersama-sama iklim sekolah dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan pada SMA Negeri 1 Kaur. Hasil pengujian secara parsial untuk variabel iklim sekolah diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 tersebut menunjukkan bahwa iklim sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profesionalisme. Hasil pengujian untuk variabel kepuasan kerja diperoleh nilai sign ifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 tersebut menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43943.pdf
Uncontrolled Keywords: Climate School, Job Satisfaction, Professionalism, lklim Sekolah, Kepuasan Kerja, Profesionalisme
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658 General Management (Manajemen Umum)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:53
Last Modified: 18 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9960

Actions (login required)

View Item View Item