Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Kaur

SIHOMBING, DAMIANUS (2017) Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Kaur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43942.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan guru yang profesionalisme dan guru yang mempunyai motivasi kerja yang tinggi sehingga mampu memberikan didikan kepada para siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Kaur. Sampel dalam penelitian ini adalah 46 guru SMA Negeri 1 Kaur, karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel, rriaka metode pengambilan sampel dengan cara sensus. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan metode analisis data adalah analisis regresi berganda, uji signifikan simultan dan uji signifikan partial. Hasil regresi berganda adalah Y = 4,750 + 0,530 X1 + 0,404 X2 +e. Nilai koefesien regresi variabel motivasi kerja sebesar 0,530, koefesien regresi bernilai positif maka dapat diasumsikan apabila X1 (motivasi kerja) mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka variabel Y (kinerja guru) juga akan mengalami kenaikan sebesar 0,530 kali. Nilai koefesien regresi variabel kompetensi profesional sebesar 0,404, koefisien regresi bernilai positif maka dapat diasumsikan apabila X2 (kompetensi profesional) mengalami kenaikan sebesar satu-satuan maka variabel Y (kinerja guru) juga akan mengalami kenaikan sebesar 0,404 kali. Uji hipotesis secara simultan (Uji F) nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi kerja dan kompetensi professional berpengaruh positif terhadap kinerja guru pada SMA Negeri 1 Kaur dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru pada SMA Negeri 1 Kaur. Uji hipotesis secara partial (Uji T) nilai signifikansi 0,000 dan 0,008 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional dan motivasi kerja berpengaruh positifterhadap kinerja guru pada SMA Negeri 1 Kaur secara terpisah. Maka hipotesis motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru kerja dan kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru kerja diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43942.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivation, Professional Competence and Teacher Performance, Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658 General Management (Manajemen Umum)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:51
Last Modified: 18 Jan 2024 04:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9962

Actions (login required)

View Item View Item