Arah Reformasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi

Muktiyanto, Ali (2022) Arah Reformasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi. In: Orasi Ilmiah Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka Dalam Bidang Ilmu Akuntansi Publik, 9-10 Agustus 2022, Convention Centre Universitas Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
3. PAK ALI MUKTIANTO.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Reformasi tata kelola pendidikan tinggi (university governance/UG) terus bergulir tiga dekade belakangan ini di seluruh dunia. Reformasi tersebut dipicu oleh new public management (NPM) yang membawa praktik baik manajemen sektor privat ke dalam sektor publik. Sekalipun semula ditujukan untuk mewujudkan NPM, namun perkembangan reformasi UG terkini sangat beragam yang mengarah kepada model hybrid. Proses reformasi UG diwarnai oleh dimensi-dimensi kontinjensi dan agensi yang kental. Dalam perspektif teori kontinjensi, Model UG yang terbentuk harus memperhatikan lingkungan pendidikan tinggi berada dan budaya UG sebelumnya. Dalam perspektif teori agensi, harmonisasi instrumen utama NPM: kontrak, pengukuran kinerja, dan manajemen akan tercapai jika terjadi dialog intensif yang melibatkan multi-level, multi-aktor, dan multi-domain. Artikel ini menyajikan reformasi UG di dunia mulai dari model tradisional (otoritas negara dan oligarki akademik) hingga pada model hybrid (pengawasan dan koordinasi negara serta otonomi lembaga pendidikan tinggi) dalam pendekatan konsep equalizer governance (de Boer et al.,2008). Dialog intensif antara negara dan stakeholders lainnya pada satu sisi dengan perguruan tinggi, akademisi, dan pimpinan perguruan tinggi pada sisi lainnya serta tetap memperhatikan kompetisi pasar akan membentuk model ideal UG. Pada akhirnya, reformasi UG tidak berhenti pada pencapaian kriteria ideal NPM semata, namun juga mengarah pada tipe ideal manajemen publik lanjutan sebagai post-NPM: Network Governance and Neo-Weberian sesuai konteks negara masing-masing.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Additional Information (ID): 22/OR009.pdf
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: reformasi, pendidikan tinggi, NPM, governance, kontinjensi,agensi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Koleksi Digital > Orasi Ilmiah
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:34
Last Modified: 25 Sep 2023 02:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9974

Actions (login required)

View Item View Item