Peran Facebook dalam Pendidikan Tinggi jarak jauh

Daulay, Pardamean (2012) Peran Facebook dalam Pendidikan Tinggi jarak jauh. Sosiologi Pendidikan, 1 (1). pp. 105-124.

[img]
Preview
Text
3. Artikel Jurnal Sosiologi didikan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aritkel ini mengulas peran facebook sebagai media interaksi sosial para mahasiswa pendidikan tinggi jarak jauh., khususnya UT (Universitas Terbuka). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan teknik dokumentasi terhadap seluruh topik diskusi mahasiswa UT yang termuat di dalam facebook group Universitas Terbuka Surabaya, yang diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu; informasi akademik, informasi administrasi, dan informasi lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa facebook berperan dalam menjembatani kendala ruang dan waktu interaksi sosial mahasiswa UT. Interkasi sosial antar mahasiswa melalui media facebook dapat mempengaruhi rasa empati, sikap saling keterbukaan dan saling percaya, saling mendukung, sikap berpikir positif dan persaan senasib.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22/B0041.pdf
Uncontrolled Keywords: facebook, interaksi sosial, mahasiswa pendidikan jarak jauh
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 006.754 Online Social Network (Situs Jejaring Sosial, Sosial Media)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:40
Last Modified: 02 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9986

Actions (login required)

View Item View Item