Strategi PDAM Tirta Tawar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Aceh Tengah

ALI, MUHAMMAD THAMRIN ELASHRI MOHAMMAD (2019) Strategi PDAM Tirta Tawar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44294.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan keuangan daerah dapat dilihat dari struktur APBK; dimana kontribusi PAD masih relatif kecil terhadap total penerimaan daerah, sebaliknya bagian penerimaan pembangunan dan pendapatan terbesar daerah berasal dari pos pendapatan yang berasal dari pemerintah dan atau instansi yang lebih tinggi. Kabupaten Aceh Tengah juga berada dalam kondisi yang sepertj ini. Karena dari struktur APBK selama ini menunjukkan bahwa proporsi terbesar terhadap total penerimaan daerah adalah berasal dari sumbangan/bantuan pemerintah pusat. Salah satu sumber dana untuk mendukung keuangan daerah adalah hasil perusahaan milik daerah. Sebagaimana diketahui bahwa tugas dan peranan SUMO adalah mendorong kegiatan ekonomi daerah, menciptakan kesempatan kerja, menyediakan jasa pelayanan sosial dan memberikan kontribusi bagi PAD. Jika saja pemerintah daerah mampu mengelola secara professional tidak tertutup kemungkinan BUMD merupakan sumber pendapatan daerah yang sangat potensial. PAD Kabupaten Aceh Tengah hanya mampu memberikan kontribusl terhadap APBK dalam lima tahun terakhir ini rata-rata sebesar 11,45 persen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetabui Strategi Pdam Tirta Tawar Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Aceh Tengah, desain penelitian dengan pendekatan diskriptif Kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokuentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pdam Tirta Tawar dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Aceh Tengah I) Mengembangkan Pemasaran dan Memperluas Cakupan Pelanggan Dengan Mengembangkan pemasaran dan cakupan pelanggan PDAM Tirta Tawar adalah salah satu cara untuk memperluas pelayanan air bersih kepada masyarakat. Dengan makin luasnya masyarakat yang dapat menikmati fasllitas air bersih dari PDAM Tirta Tawar ,diharapkan dapat makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Takengon, karena salah satu indicator sejahteranya masyarakat perkotaan adalah makin mudahnya mereka mendapatkan dan mengakses fasilitas-fasilitas perkotaan/pelayanan publik yang menunjang kehidupan mereka. 2) Meningkatkan Kualitas SDM Guna Mengoptimalkan Manajemen Operasi dan Meningkatkan Kualitas 3) PelayananMenekan Tingkat Kebocoran Air, Dalam Proses Produksi, Transrnisi dan Distribusi tingkat kebocoran air di PDAM Tirta Tawar adalah sebesar 25%, dengan rata-rata tingkat kehilangan air per bulan sebesar 22%. Kondisi ini jauh dari am bang batas yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44294.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategies to increase Regional Original Income, Strategi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:54
Last Modified: 11 Dec 2023 07:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item