Kualitas Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu

ASMIARDY, (2016) Kualitas Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42935.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas dan rnengkaji rnengenai kualitas pelayanan adrninistrasi akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu berkaitan dengan reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles serta untuk rnengetahui factor apa saja yang rnenjadi pengharnbat dalam peroses pelayanannya. Penelitian ini didasarkan atas permasalahan pelayanan pencatatan akta kelahiran yang pelaksanaannya belum terselenggara secara baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif fokus penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan pencatatan akta kelahiran dari masing-masing setiap indikator. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa dari dimensi keandalan (reliability) maka dapat dikatakan belum .ierselenggara dengan baik. Hal ini disebabkan kemampuan memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan masih kurang yaitu penerbitan akta yang tidak tepat waktu sesuai dengan peraturan. Untuk dimensi Daya Tanggap (responsiveness) diketahui bahwa kualitas pelayanan belum terselenggara dengan baik. Karena belum adanya keinginan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengetahui keluhan masyarakat dalarn menerima layanan dengan cara membuka sarana pengaduan. Sementara dari dirnensi keyakinan (assurance) dan Perhatian (emphaty) sudah terpenuhi dengan baik. Terakhir dimensi berwujud (tangibles) dapat dikatakan belum memadai atau kurang berkualitas, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya kekurangan pada sarana dan prasarana yang dapat menunjang kinerja pelayanan. Adapun faktor yang menghambat pelayanan berupa kuranganya sumber daya manusia dalam hal ini pegawai dan kekurangan pada sarana dan prasarana penunjang pelayanan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42935.pdf
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Reliability. Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles, Birth Certificate. Kualitas Pelayanan, Reliability. Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles, Akta Kelahiran.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:36
Last Modified: 05 Mar 2024 10:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10071

Actions (login required)

View Item View Item