Peran Masyarakat Lokal Dalam Konservasi Jeruk Keprok Tawangmangu (Citrus reticulata Blanco ssp Tawangmangu)

Nuryandani, Einstivina (2013) Peran Masyarakat Lokal Dalam Konservasi Jeruk Keprok Tawangmangu (Citrus reticulata Blanco ssp Tawangmangu). In: Seminar Nasional Biodiversitas Universitas Sebelas Maret (UNS) 2012 : Konservasi Keanekaragaman Hayati Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia, 10-11 November 2012, Surakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Prosiding semnas biodiversitas 2013 Einstivina Nuryandani.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/S/gen/publica...

Abstract

Hampir punahnya jeruk keprok Tawangmangu akibat penyakit CVPD tahun 1980-an menimbulkan pertanyaan seberapa banyak tanaman induk yang masih bertahan hingga sekarang dan bagaimana peranan masyarakat lokal dalam konservasi induk jeruk keprok Tawangmangu (Citrus reticulata Blanco ssp Tawangmangu) ini. Persebaran dan pola masyarakat dalam memperlakukan tanaman jeruk ini penting sebagai informasi awal bagaimana langkah konservasi dan pengembangan tanaman ini akan dilakukan. Penelitian dilakukan di empat desa di Kecamatan Tawangmangu, yaitu di Desa Banaran, Kalisoro, Blumbang, dan Gondosuli dengan menyusur area dan mendata keberadaan tanaman induk tersebut dengan melihat habitus serta melakukan wawancara dengan petani pemilik tanaman tersebut untuk mengetahui asal tanaman, bagaimana perbanyakan tanaman tersebut dilakukan, persepsi masyarakat terhadap jeruk keprok Tawangmangu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat lokal memiliki sistem tersendiri yaitu dalam pemilihan musim bagi perbanyakan tanaman. Petani hanya melakukan perbanyakan menggunakan cangkok pada musim tertentu (berkisar antara bulan agustus), jadi hanya dapat dilakukan satu kali dalam satu tahun, sehingga tanaman induk akan tetap dapat bertahan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0020.pdf
Uncontrolled Keywords: Konservasi, induk jeruk keprok asli Tawangmangu, kearifan masyarakat lokal, musim.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 634.3 Citrus and Moraceous Fruits (Kelompok Jeruk, Lemon, Lime, Sitrun)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2023 02:59
Last Modified: 04 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item