Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Strategi Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Studi Kasus Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi

Lasmana, Hary (2023) Strategi Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Studi Kasus Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2540051.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini berfokus pada peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis elektronik pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan salah satu isu strategis Reformasi Birokrasi untuk meningkatkan kinerja pemerintah dan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen SPBE, mengidentifikasi aspek lingkungan strategis organisasi, menganalisis, dan merumuskan strategi optimalisasi SPBE. Analisis kualitas manajemen SPBE melalui identifikasi atas kegiatan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), manajemen pegawai (Staffing), pengarahan (Directing), pengkoordinasian (Coordinating), pelaporan (Reporting), dan penganggaran (Budgeting) (POSDCRB). Identifikasi kesenjangan SPBE dianalisis menggunakan analisis kesenjangan desain-realitas tujuh dimensi ITPOSMO untuk menilai tingkat keberhasilan implementasi eGovemment dan mengidentifikasi faktor penentu keberhasilan dan kegagalan. Teknik perumusan strategi menggunakan tiga tahap kerangka analisis perumusan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan berbasis elektronik di Kemendesa PDTT belum seluruhnya terintegrasi dan berada pada Tingkat Transaksi. Hasil analisis kesenjangan dengan mengukur kesenjangan desain-realitas di tujuh dimensi ITPOSMO menunjukkan bahwa proyek eGovemment kemungkinan besar akan gagal sebagian kecuali ada tindakan yang diambil untuk memperbaiki kesenjangan tersebut. Dengan menggunakan tiga tahap kerangka analisis peumusan strategi, didapatkan empat rekomendasi strategi untuk mengoptimalkan penyelenggaraan SPBE untuk peningkatan layanan publik yaitu melalui integrasi ke depan, diversifikasi terkait, integrasi ke belakang, dan pengembangan produk. Strategi terpilih direkomendasikan untuk mengurangi risiko yang dapat mempengaruhi keberhasilan implementasi SPBE di Kemendesa PDTT.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40051pdf.
Uncontrolled Keywords: SPBE; Manajemen Strategis; POSDCRB; ITPOSMO
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:09
Last Modified: 16 Sep 2025 03:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item