Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Analisis Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ketol Kabupaten Aceh Tengah

Susilo, Sulam (2020) Analisis Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Ketol Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2540059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan dapat dilihat dari beberapa aspek-aspek diantaranya adalah keistimewaan, yaitu pasien merasa diperlakukan secara istimewa oleh perawat selama proses pelayanan dan kesesuaian, yaitu sejauh mana pelayanan yang diberikan sesuai dengan keinginan pasien, selain itu ada ketepatan waktu dan harga. Di Puskemas Keto! pasien yang dirawat di ruang rawat inap mendapatkan pelayanan yang memuaskan hanya saja pemisahana ruang rawat antara laki-laki dan perempuan belum dilakukan pemisahan. Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Crossectiona/ Study karena data penelitian dikumpulkan secara bersamaan pada waktu yang sama dengan tujuan utama untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Keto! Kabupaten Aceh Tengah 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap pada Puskesmas Keto! Kabupaten Aceh Tengah. Tehnik pengambilan samper dengan menggunakan cara memilih informance yang rnemenuhi kriteria inklusi yaitu pasien/keluarga pasien yang berada di ruang rawat inap dan bersedia diwawancarai serta pasien dengan lama perawatan lebih dari 3 hari sehingga diperoleh sebanyak 5 orang pasien sebagai informan secara accidental sampling. Keseluruhan dimensi (realibilitas, responsivness, awareness, tangibles dan empati) yang digunakan untuk menilai kualitas layanan kepada pasien, pasien menyatakan Puas, hanya pada tangible ada sedikit kekurang puasan pasien dikarenakan ruang rawat inap laki-laki dan perempuan masih bergabung. Disarank:an bagi manajemen Puskesmas Keto! Kabupaten Aceh Tengah hendaknya dilakukan pemisahan untuk ruang rawat inap bagi pasien laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40059.pdf
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Aug 2025 01:53
Last Modified: 19 Sep 2025 01:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10917

Actions (login required)

View Item View Item