Kurniawan, Rony (2020) Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
2540078.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya diternui anggapan bahwa pelayanan di bidang pertanahan masih terlalu sulit dan berbelit-belit dalam prosedur, waktu pemrosesan serta biaya yang tinggi. Hal ini menunjukkan adanya tuntutan rnasyarakat akan perlunya keterbukaan dalam pelaksanaan tugas, prosedur pembayaran yang sederhana, kepastian waktu dan biaya yang hams dibayar oleh masyarakat dalam penyelesaian urusan hak atas tanahnya, serta berbagai kemudahan dalam pelayanan maupun perlindungan hak-hak dan kepentingan masyarakat. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat serta faktor-faktor apa yang menjadi dukungan dan hambatan terhadap kinerja pegawai Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kinerjadari Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang secara umum telah berjalan secara baik dan telah memenuhi harapan masyarakat dalam melayani sebagian besar kegiatan adminitrasi pertanahan yang dilakukan rnasyarakat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu (a) Efektivitas (Effectiveness), (b) Daya Tanggap (Responsiveness), dan (c) Akuntabilitas (Accountability),. Faktor-faktor internal dan ekstemal yang bepengaruh yaitu (a) Kemampuan pegawai, (b) Motivasi, ( c) Partisipasi masyarakat, serta ( d) Faktor Komunikasi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information (ID): | 25/40078.pdf |
| Uncontrolled Keywords: | efektivitas, daya tanggap, akuntabilitas. |
| Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 28 Aug 2025 06:28 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 09:03 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
