Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Pengaruh Pemersepsi, Situasi Dan Target Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Timur

Koreh, Frida Rade (2021) Pengaruh Pemersepsi, Situasi Dan Target Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2540088.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui besaran pengaruh pemersepsi, situasi dan target secara parsial maupun secara simultan terhadap persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan publik pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumba Timur. Adapun yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah adanya permasalahan-permasalahan dalam pelayanan pengurusan dokumen lingkungan pada DLH Kabupaten Sumba Timur antara lain belum memadainya sarana prasarana, kekurangan/kekosongan petugas pelayanan yang menyebabkan pelayanan terhambat, serta adanya keluhan masyarakat mengenai besarnya biaya pengurusan dokumen lingkungan pada DLH Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pelaku usaha/kegiatan yang melakukan pengurusan dokumen lingkungan hidup pada DLH Kabupaten Sumba Timur pada 2019-2020 dengan jumlah responden sebanyak 60 responden. Data sekunder diperoleh dari dokumen dan arsip pemerintah (DLH Kabupaten Sumba Timur, BPS, dan kantor/badan/dinas yang terkait lainnya). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa: pertama, Pemersepsi (X1) mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada DLH Kabupaten Sumba Timur. Kedua, Situasi (X2) mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada DLH Kabupaten Sumba Timur. Ketiga, Target/Harapan (X3) mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada DLH Kabupaten Sumba Timur. Keempat, Pemersepsi (X1), Situasi (X2) dan Target (X3) secara bersama-sama mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada DLH Kabupaten Sumba Timur. Berdasarkan basil penelitian, maka peneliti memberikan saran kepada DLH Kabupaten Sumba Timur untuk memberikan pelatihan yang berkaitan dengan hospitality kepada petugas pelayanan. lembaga pelayanan publik untuk lebih memperhatikan variabel-variabel yang memiliki pengaruh signifikan dalam memberikan pelayanan. Kepada pengembang ilmu yang lain yang ingin mengadakan penelitian serupa, agar menambahkan variabel bebas selain pemersepsi, situasi dan target seperti minat, suasana hati, perhatian, dan gerakan yang mungkin berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40088.pdf
Uncontrolled Keywords: Pemersepsi; situasi; target; persepsi masyarakat; kualitas pelayanan publik.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.3-351.9 Public Administration in Specific Localities (Administrasi Negara di Lokasi Tertentu)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.812 Customer Satisfaction/TQM/Quality Of Service (Kepuasan Pelanggan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Aug 2025 08:05
Last Modified: 10 Oct 2025 03:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item