Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Di Kabupaten Malinau Melalui Pendekatan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Ishak, Nopis Muhramsyah (2021) Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Di Kabupaten Malinau Melalui Pendekatan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2540098.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan potensi pariwisata dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan potensi pariwisata melalui pendekatan pariwisata berbasis masyarakat di Kabupaten Malinau. Teori yang digunakan adalah operasionalisasi konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat dengan 4 indikator yaitu dimensi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan. Untuk analisis strategi kebijakan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Informan dalam penelitian ini adalah Pemerintah Daerah, dalam ha! ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ka bu paten Mal inau, Masyarakat sebanyak IO orang, Usaha Pariwisata sebanyak 3 jenis usaha dan satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dengan metode analisis SWOT, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Strength (Kekuatan) yang dimiliki yaitu sumber daya manusia yang dapat diandalkan. Selain itu, terdapat dukungan pemimpin yang tinggi dengan jumlah porsonel yang cukup. Weakness (kelemahan), yaitu masih terbatasnya sumber daya manusia profesional di bidang pariwisata. Selain potensi alam yang dimiliki, keunikan/atraksi juga menjadi peluang {Opportunity) tersendiri dalam sektor pariwisata Kabupaten Malinau. Adapun ancaman (Threats) yang dihadapi yaitu persaingan pariwisata antar objek wisata dengan daerah lain. Strategi pengembangan potensi pariwisata yang dapat dilakukan ialah mengoptimalkan kekuatan yaitu: mencari potensi pariwisata baru yang unik dan berbeda dengan destinasi wisata lain; membuat brand/citra pariwisata Kabupaten pembagunan sarana prasarana/ fasilitas di destinasi pariwisata (bekerjasama dengan kementerian, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo dan instansi terkait lainnya), dan Promosi se1ta pemasaran pariwisata. Sedangkan factor yang mempengaruhi adalah aksesibilitas, anggaran dan kebijakan daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40099.pdf
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.479 Tourism Industri (Industri Pariwisata)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:37
Last Modified: 03 Nov 2025 04:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10973

Actions (login required)

View Item View Item