Search for collections on Universitas Terbuka Repository

REFORMASI BIROKRASI DI KEJAKSAAN NEGERI PURWOREJO

WIGATI, ENDAH TITI (2021) REFORMASI BIROKRASI DI KEJAKSAAN NEGERI PURWOREJO. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reformasi Birokrasi diperlukan untuk menjadikan aparatur pemerintah lebih berdayaguna dan berhasilguna. Kejaksaan Negeri Purworejo melaksanakan reformasi birokrasi ini sejak tahun 2008. Ini didasarkan pada berbagai peraturan perundang-undangan tentang reformasi, yaitu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Reformasi Birokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan Reformasi Birokrasi di Kejaksaan Negeri Purworejo pada lima aspek, yaitu kelembagaan dan efektivitas organisasi, tatalaksana, surnber daya manusia, akuntabilitas dan pelayanan. Setelah itu dilakukan analisis untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan proses reformasi tersebut. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara terhadap responden yang terdiri atas enam orang yang terdiri dari pejabat struktural dan pegawai yang ada di Kejaksaan Purworejo dan dua orang penggunajasa Kejaksaan Negeri Purworejo. Ditemukan, bahwa pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kejaksaan Negeri Purworejo dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu Tahap I (tahun 2008-2009), Tahap II (tahun 2010-2014), Tahap III (tahun 2015-2019) dan kondisi saat ini. Dalam penerapannya, Reformasi Birokrasi di Kejaksaan Negeri Purworejo telah berhasil menerapkan Zona Integritas guna mengembalikan kepercayaan publik, memberdayakan jaksa fungsional guna meningkatkan penegakkan hukurn, menyediakan kontak pengaduan masyarakat, penerapan PTSP, pemanfaatan Teknologi Informasi untuk menunjang tugas dan fungsi. Namun masih terdapat beberapa kelemahan, yaitu fleksibilitas struktur organisasi, adanya kombinasi fungsi kebijakan dan fungsi kontrol perkara, kurangnya sinkronisasi perencanaan kinerja antar bagian, dan penempatan pegawai yang belurn sesuai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40116.pdf
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:40
Last Modified: 29 Aug 2025 07:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item