Search for collections on Universitas Terbuka Repository

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI KABUPATEN SIKKA

DA CUNHA, MAYELLA (2023) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI KABUPATEN SIKKA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru pada kondisi masa lalu sebelum adanya kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang melalui jalur zonasi, pada umumnya kesempatan untuk mengakses masuk ke sekolah-sekolah negeri terkesan tidak tertib, terjadi penerimaan peserta didik tidak transparan,serta adanya praktek pungutan uang pendaftaran. Kebijakan zonasi adalah pilihan strategis untuk mendekatkan siswa dengan sekolah, terlihat dari tahun 2019 sampai dengan 2021 pola pembagian wilayah zonasi khusus jenjang SMP berdasarkan wilayah administrasi pemerintahan/kecamatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; seberapa besar efektivitas implementasi kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Sikka, dan bagaimana upaya pemecahan masalah efektivitas implementasi kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Sikka. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas implementasi kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Sikka, dan mendeskripsikan dan menganalisis upaya pemecahan masalah efektivitas implementasi kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Sikka. Penelitian ini menggunakan Metode Kombinasi atau yang dikenal dengan nama Mixed MethodsResearch. Lokus penelitian ini adalah pada seluruh SMP Negeri yang akan diambil secara acak pada 3 (tiga) wilayah zonasi yaitu; Zonasi 3, Zonasi 5, serta Zonasi 7. Sampel untuk penelitian kuantitatif adalah orang tua/wali murid sebanyak 94 orang, dan peserta didik kelas VU sebanyak 94 orang, selanjutnya untuk penelitian kualitatif adalah Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Bidang SMP, Pengawas Pembina SMP, serta Kepala Sekolah. Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah triangulasi, sedangkan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian kuantitatif menunjukan bahwa efektivitas implementasi kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di KabupatenSikka sangat efektif, demikian juga penelitian kualitatifmenujukan hasil sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40125.pdf
Uncontrolled Keywords: efektivitas implementasi kebijakan zonasi
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:19
Last Modified: 03 Sep 2025 03:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item