Search for collections on Universitas Terbuka Repository

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN AKTA PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL

PRAM SETYAJI, AGRIN (2022) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN AKTA PENCATATAN SIPIL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan publik dan untuk mengetahui kendala dan upaya mengatasi permasalahan pelayanan publik dalam pengurusan akta pencatatan sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Peneliti menggunakan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan publik yaitu: tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness ( daya tanggap ), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat indikator kualitas pelayanan publik yang dinilai masih kurang maksimal, yaitu: (1) dimensi tangible (bukti fisik) pada indikator kenyamanan tempat pelayanan, hasil penelitian menunjukkan tempat parkir yang kurang memadai dan meja petugas layanan yang belum tertata dengan rapi, (2) dimensi reliability (keandalan) pada indikator mempunyai standar pelayanan yang jelas, hasil penelitian menunjukkan penempatan standar pelayanan yang terhalang meja petugas pelayanan, dan pada indikator keahlian petugas pelayanan menggunakan alat bantu dalam proses pelayanan, hasil penelitian menunjukkan hanya sebagian petugas pelayanan yang ahli dalam bidang IT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala atau permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu: keterbatasan jumlah SDM Aparatur PNS, keterbatasan pelatihan yang didapatkan dan keterbatasan lahan parkir, serta berkurangya anggaran pembiayaan penyelenggaraan pelayananan publik karena refocusing APBD dan berkurangnya DAK Nonfisik Dana Pelayanan Administrasi Kependudukan. Untuk mengatasi kendala atau permasalahan tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal telah melakukan upaya-upaya seperti: meningkatkan kapasitas SDM Aparatur melalui pengusulan formasi CPNS dan pelatihan pegawai, melakukan inovasi pelayanan publik seperti pelayanan online ataupun pelayanan keliling (jemput bola), dan merencanakan anggaran pembiayaan penyelenggaraan pelayanan berdasarkan prioritas kebutuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40135.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas, pelayanan publik, kendala, upaya.
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:30
Last Modified: 03 Sep 2025 06:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item