Search for collections on Universitas Terbuka Repository

PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI, DAN LAYANAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DAN HASIL PEMBELAJARAN (Studi Pada Balai Diklat Keuangan Makassar)

AZWAR, (2022) PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI, DAN LAYANAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DAN HASIL PEMBELAJARAN (Studi Pada Balai Diklat Keuangan Makassar). Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19, proses pembelajaran (diklat) di Balai Diklat Keuangan Makassar diselenggarakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh, dimana dalam implementasinya, ditemukan berbagai masalab terkait sistem yang dapat mempengarubi kepuasan pengguna dan basil pembelajaran peserta diklat, sebingga penting untuk melakukan kajian dalam mengukur keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan sistem pembelajaran jarak jauh terbadap kepuasan pengguna dan hasil pembelajaran pese11a diklat di Balai Diklat Keuangan Makassar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meneliti bagaimana peran kepuasan pengguna dalam memediasi pengarub kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan sistem pembelajaran jarak jauh terbadap hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner dan pendekatan kuantitatif melalui teknik Pemodelan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis komponen atau vruian dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sistem pembelajru·an jarak jauh yang diselenggarakan belum sepenuhnya berjalan baik dan berhasil berdasarkan indikator atau pendekatan model DeLone dan McLean. Kualitas sistem berpengarub positif dan signifikan terbadap kepuasan pengguna, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terbadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap basil pembelajaran. Sementara, kualitas informasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna dapat menjadi mediator dalam menguatkan pengaruh kualitas sistem terbadap basil pembelajaran dan pengarub kualitas layanan terhadap basil pembelajaran. Balai Diklat Keuangan Makassar dibarapkan dapat melakukan perbaikan kualitas informasi dalam rangka meningkatkan kepuasan peserta pelatihan yang akan berdampak terbadap capaian basil pembelajaran. Selain itu, diperlukan upaya bersama untuk mewujudkan konsep link and match antara pembelajaran dan pengelolaan pengetahuan dengan target kinerja pada unit kerja di lingungan Kementerian Keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40142.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, basil pembelajaran, sistem pembelajaran jarak jauh
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:37
Last Modified: 03 Sep 2025 07:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item