Search for collections on Universitas Terbuka Repository

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN STANDAR AKREDITASI (Studi Kasus Terhadap Sistem Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh Tengah)

YUSMANIDAR, (2020) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN STANDAR AKREDITASI (Studi Kasus Terhadap Sistem Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh Tengah). Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang berkaitan dengan kualitas pe]ayanan kesehatan di Puskesmas Celala antara lain staf di Puskesmas Celala memiliki tanggung jawab ganda, kekurangau tenaga yang handal dalam bidang kesehatan, penempatan pegawai belum sepenuhnya menerapkan prinsip the rightman in the right place. Penelitian ini mengkaji tentang Kualitas Pe!ayanan Kesehatan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh T engah sudah sesuai standar akreditasi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesebatan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh Tengah dan menganalisis startegi yang dilakukan Puskesmas tmtuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar memenuhi harapan yang diinginkan masyarak:at. PeueLitian iui menggunakan teori kualitas pelayanan oleh Kotler dan Keller 2009, Faktor-faktor yang mempengaruh.i kualitas pelayanan oleh Albeit dan Zamke dalam Ratminto dan Atik SW (2012:80) dan teori Total Quality manajement (TQM) oleh Goetsch & Davis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pcndekatan kualitatif. Informan sebagai sumber informasi dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Puskesmas Celala, KTU Puskesmas Celala, tenaga medis Puskesmas Celala, petugas pendaftaran Puskesmas Celala, petugas apotek Puskesmas Celala dan empat orang masyarakat. lnstrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara clan perlengkapan tulis menulis. Prosedur Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi , dok."1nnentasi, dan Triangulasi. Metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh Tengah diukur menggunakan lima dimensi yaitu tangibility (berwujud) kurang baik, reability (kehandalan) sudah baik, responsiviness (ketanggapan) sudah baik, asurance (jaminan) sudah baik, dan empaty (Empati) sudah baik. Upaya yang dilakukan Puskesmas Celala untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui penerapan unsur-unsur Total Quality manajement (TQM) yang terdiri dari fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerja sama tim (teamwork), perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, adanya kelerlibatan dan pemberdayaan karyawan. Kesimpu1an untuk rnemenuhi kualitas pelayanan di Puskesmas Celala Kabupaten Aceh Tengah dibutuhkan dokter mnum 1 orang, dokter gigi 1 orang, bidan 4 orang, teuaga kesehatan masyarakat l orang, tenaga laboratorium 1 orang, tenaga gizi 2 orang, tenaga kefarmasian 1 orang, tenaga administrasi 2 orang dan pekarya 2 orang. Strategi yang dilakukan Puskesmas Celala untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar memenuhi har.pan yang diinginkau masyarakat melalui penerapan unsur-unsur Total Quality manajemenL (TQM) salah satunya pendidikan dan pelatihan bagi petugas laboratorium, petugas gizi, petugas pendaftaran dan petugas apotek Puskesmas Celala.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40148.pdf
Uncontrolled Keywords: Kual itas pelayanan kesehatan, Total Quality Manajement (TQM)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:33
Last Modified: 10 Sep 2025 05:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11041

Actions (login required)

View Item View Item