ZULKARNAIN, (2021) KUALITAS PEMERIKSAAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAKARTA TAMBORA. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemeriksa pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk melakukan pemeriksaan pajak guna meningkatkan kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak. Sebagai wujud untuk menjaga integritas, profesionalisme pemeriksa pajak dan meningkatkan kualitas hasil pemeriksaan diperlukan adanya perubahan administrasi pemeriksaan pajak. Penelitian ini difokuskan untuk dapat mengetahui bagaimana kualitas pemeriksaan pajak yang dihasilkan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora setelah menerapkan perubahan administrasi pemeriksaan pajak dan mengkaji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pemeriksaan pajak yang dihasilkan Kantor Pclayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora setelah menerapkan perubahan administrasi pemeriksaan pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan karena objek yang diteliti dekat dengan ruang lingkup pekerjaan peneliti. Sumber informasi diperoleh dari data primer dan data sekunder, untuk data primer penentuan informan pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling, pengumpulan data dari informan dilakukan melalui wawancara dan observasi partisipatif. Untuk data sekunder diperoleh melalui dokumen, buku ilmiah, peraturan perundang-undangan perpajakan, data penerimaan pajak, data hasil pemeriksaan pajak, dll.Proses analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan yang berkualitas harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain pemeriksaan selesai tepat waktu, pencairan hasil pemeriksaan optimal, upaya hukum basil pemeriksaan minimal, dan kepatuhan wajib pajak meningkat. Faktor-faktor yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil pemeriksaan pajak yang dihasikan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora setelah adanya perubahan administrasi pemeriksaan pajak antara lain kompetensi, independensi, pendidikan/pengetahuan, dan integritas. Sedangkan faktor-faktor lain seperti pengalaman kerja dan motivasi memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas hasil pemeriksaan pajak yang dihasikan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora setelah adanya perubahan administrasi pemeriksaan pajak.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information (ID): | 25/40151.pdf |
| Uncontrolled Keywords: | Pemeriksaan, Pajak, Kualitas. |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:14 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 06:14 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
