Search for collections on Universitas Terbuka Repository

ANALISIS KINERJA PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN SINTANG

MARGARETHA SINAMBELA, CHRISTINA (2023) ANALISIS KINERJA PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN SINTANG. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik di Puskesmas memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik serta darnpaknya terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sungai Durian Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat mengurnpulkan data. Kuesioner disebarkan dengan cara manual kepada responden. Populasi penelitian terdiri dari pasien yang melakukan kunjungan ke Unit Rawat Jalan di Puskesmas Sungai Durian Sintang. Sampel penelitian terdiri dari 100 pasien rawat jalan yang dipilih secara acak melalui metode rndom sampling. Data yang terhimpun dianalisis menggunakan analisis deskriptif, teknik regresi linier berganda, uji normalitas dan uji T menggunakan perangkat lunak SPSS 29.0. Data diukur menggunakan skala Likert rentang kategori dari 1 hingga 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai dinilai berada pada tingkat yang baik, kualitas pelayanan publik dinilai berada pada tingkat yang baik dan kepuasan pasien berada pada kategori puas. Kinerja pegawai memiliki hubungan signifikan terhadap kepuasan pasien, sementara kualitas pelayanan publik rnemiliki hubungan sangat signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sungai Durian Sintang. Semakin baik kinerja pegawai, sernakin tinggi tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sungai Durian Sintang. Demikian pula semakin baik kualitas pelayanan publik semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Rekomendasi penelitian adalah rnanajemen Puskesmas diharapkan meningkatkan kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik guna meningkatkan kepuasan pasien. Manajemen Puskesmas direkomendasikan untuk secara teratur mengevaluasi kualitas pelayanan publik dan kinerja pegawai, memberikan umpan balik yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40161.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien.
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:09
Last Modified: 11 Sep 2025 03:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item