Search for collections on Universitas Terbuka Repository

TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANJUNG PINANG

SUMARDIANA, (2023) TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANJUNG PINANG. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan kesehatan menjadi prioritas utama penyelenggara karena merupakan salah satu hak mendasar masyarakat serta penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan sarana kesehatan pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kualitas sarana kesehatan, diantaranya dengan membuat jaminan pemeliharaan kesehatan. Di Kota Tanjungpinang salah satu Rumah Sakit Pemerintah adalah RSUD Kota Tanjungpinang. Rumah Sakit Umum Daerah ini berkedudukan sebagai Lembaga Teknis Daerah penunjang pelaksanaan Pemerintah Daerah, namun ditemukan fenomena berkaitan dengan pelayanan di RSUD tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa Besar Tingkat Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungpinang. Dalam penelitian ini populasinya adalah konsumen atau pasien rawat jalan RSUD Tanjungpinang Bulan Januari-November 2022 yaitu 35.181 orang. (2022), dan sampel 100 orang. Dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif adalah statistika yang menggunakan data untuk menjelaskan atau menarik kesimpulan mengenai suatu kelompok. Berdasarkan basil penelitian maka dapat disimpulkan Kualitas Pelayanan Pada RSUD Kota Tanjungpinang sudah berkualitas dengan angka 3,1. Namun masih ada yang perlu diperbaiki yaitu Realibility dengan nilai 2,98 dan Tangibles dengan nilai 2,90, dimana seperti masih ada dokter yang datang tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan sehingga membuat pasien menunggu, kemudian informasi yang diberikan perawat kurang dapat menjelaskan kepada pasien, sarana dan prasarana juga perlu beberapa diperbaiki seperti ruangan yang kurang mencukupi kapasitas pasien, tempat tidur yang tidak berfungsi sempurna, kemudian beberapa peralatan yang tidak lengkap sehingga jika pasien harus dirujuk ke rumah sakit lain untuk melanjutkan pengobatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40170.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, Rumah Sakit Tanjungpinang
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:24
Last Modified: 11 Sep 2025 04:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item View Item