Search for collections on Universitas Terbuka Repository

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DAN BANTUAN OPERASINAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG

DEWI ARTA S, LUSIANA (2024) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DAN BANTUAN OPERASINAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dana bantuan oprasional pendidikan anak usia dini dalam peningkatan pendidikan bagi anak usia dini di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan Dana BOP PAUD di Kabupaten Tana Tidung, yaitu (1)Kemampuan pengelolaan BOP di satuan PAUD masih terbatas, misalnya dalam hal sumber daya manusia sangat terbatas, sehingga perlu adanya bimbingan clan pendampingan bagi pengeloaan di Lembaga, (2) Tidak ada anggaran pembinaan dan pelatihan pengelolaan bagi lembaga, sebingga berimplikasi pada saat melakukan perencanaan, pelaksanaan dan laporan pertanggung jawaban terjadi perubaban atau perbaikan dalam menyusun rencana kerja anggaran Sekolah, dan (3) Belum berkontribusi signifikan pada peningkatan kualitas satuan PAUD yang diukur berdasarkan akreditasi. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas yang digunakan sebagai guidance meliputi 3 faktor yakni : Pencapaian tujuan, Integrasi dan Adaptasi (Duncan dalam Steers (1985). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif , yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami dimana peneliti adalab sebagai instrument kunci, kemudian data yang dihasilkan bersifat deskriptif, dan analisis data dilakukan secara induktif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam (in-depth interview), pengamatan (observation), dan dokumentasi. Dari basil penelitian dapat disimpulkan, bahwa Efektivitas dana bantuan oprasional pendidikan (BOP) anak usia dini yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan clan Kebudayaan kebudayaan Kabupaten Tana Tidung yang dianalisis melalui 3 faktor ( Pencapaian tujuan, Integrasi dan adaptasi) pada umumnya sudah berjalan , namun belum sepenuh nya efektif . Hal ini dapat dibuktikan dari Segi pencapaian tujuannya yakni penyaluran dana sudah tepat sasaran dan tepat waktu , segi prosedur dan manfaat yakni dapat meringankan beban biaya pendidikan pada umumnya sudah efektif. Kemudian dari faktor Integrasi yang menyangkut proses sosialisasi, kejelasan inforrnasi, sinkronissai kegiatan, transparansi dan per tanggugjawaban dalam penggunanaa dana Bantuan Operasional Sekolah. kendati pun sudah berjalan, namun masih ada sisi kelemahan menyangkut sinkronisasi antara sekolah dan dinas dalam hal pentingnya keterbukaan dan transparansi terbadap pengelolaan keuangan sekolah. Dan terakhir dari kemampuan adaptasi yang dianalisis melalui kemampuan merespon perubahan, ketersediaan sarana prasarana dan penggunaan teknologi dalam dana Bantuan operasional sekolab masih belum sepenubnya efektif . Hal ini dapat dilihat dari segi Sumber daya manusia dalam penguasan informasi teknologi dan sarana prasarana yang belum sepenuhnya memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40174.pdf
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program BOP, Pendidikan Anak Usia Dini.
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:57
Last Modified: 11 Sep 2025 04:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item