ZULKIFLI, (2022) KUALITAS PELAYANAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA MELALUI SISTEM INFORMASI KELUARGA SERTA STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan program Keluarga Berencana (KB) melalui sistem informasi keluarga serta strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan program KB di Kota Banda Aceh. Permasalahan dalam penelitian ini adalab bagaimana kualitas pelayanan program KB dilaksanakan melalui sistem informasi keluarga serta bagaimana strategi meningkatkan pelayanan KB pada pemerintah Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengambilan data dilaksanakan dengan melalui wawancara serta interview guide sebagai instrumen. Informan adalah sebanyak 20 orang, yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yang terdiri dari petugas penyedia data pelayanan kontrasepsi, pimpinan Faskes (Puskesmas, pustu dan klinik swasta), akseptor Keluarga Berencana yang mendapatkan pelayanan di Faskes tersebut serta ASN pemerintal1 Daerah yang bekerja untuk program Keluarga Berencana. Analisis dilakukan melalui pengkategorian kata-kata da.n klasifikasi jawaban-jawaban dari wawancara. Transkrip dan rekaman suara dipilal1 sesuai sumber dan tanggal wawancara. Hasil dari pengkodingan transkrip wawancara, penelitian ini menemukan ada 7 (tujuh) buah tema dalam kualitas pelayanan Keluarga Berencana di Kota Banda Aceh, yaitu: 1) Kemudaban akses menuju ke fasilitas kesehatan: 2) Beberapa kendala kecil dilapangan seperti masalah budaya dan kemungkinan kehilangan data; 3) Penggunaan prosedur dalam pelayanan Keluarga Berencana terutama pelayanan alat kontrasepsi: 4) Pemilihan alat kontrasepsi oleh akseptor dan penggunaan jlipchart ABPK dalam konseling KB berpengamh baik pada keputusan akseptor dalam memilih alat kontrasepsi: 5) Pencatatan dan Pelaporan pelayanan kontrasepsi telah sangat memadai: 6) Sikap yang baik petugas Faskes dalam memberi pelayanan KB; dan 7) Beberapa strategi komunikasi telah dikembangkan oleh pemerintal1 daerah dalam menarik minat calon akseptor KB baru.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information (ID): | 25/40200.pdf |
| Uncontrolled Keywords: | fasilitas kesehatan, keluarga berencana, pelayanan kontrasepsi |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:41 |
| Last Modified: | 16 Sep 2025 01:41 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
