Search for collections on Universitas Terbuka Repository

HUBUGAN SARANA, PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

EDI CHANDRA, DESIANA (2023) HUBUGAN SARANA, PRASARANA DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang berkaitan dengan kepuasan penumpang di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun adalah rendahnya kepuasan penumpang terhadap layanan. Dari bulan Januari s.d Juli 2022 setidaknya ada 51 keluhan yang disampaikan oleh penumpang yang masuk dalam kotak saran. Keluhan tersebut berkaitan dengan lambatnya pelayanan (31 keluhan), petugas yang kurang professional (J 5 keluhan), dan petugas yang tidak menggunakan SOP dengan benar (5 keluhan). Tujuan penelitian menganalisis dan mendeskripsi hubungan sarana pelayanan publik dengan kepuasan penumpang, menganalisis dan mendeskripsi hubungan prasarana pelayanan publik dengan kepuasan penumpang dan Menganalisis dan mendeskripsi hubungan kualitas pelayanan publik dengan kepuasan penumpang pesawat udara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi sebanyak 9.012 penumpang pesawat yang melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Sampel penelitian diambil menggunakan tek.nik Slovin, sehingga besar sampel penelitian ini adalah 383. Data penelitian dikumpulkan dengan angket, dan semua butir angket sudah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian adalah: pertama, terdapat hubungan variabel sarana terhadap peningkatan kepuasan pelayanan publik dengan r _hitung untuk variabel Sarana (X l) sebesar = 0,387 terhadap Kepuasan Pelayanan (Y), hal ini berarti r_hitung 0, 387 > r_tabel 0,074 maka Ho ditolak clan Ha diterima. Berarti ada hubungan yanag positif dan signifikan sarana (XI) terhadap Kepuasan Pelayanan (Y). Kedua, terdapat hubungan variabel prasarana terhadap peningkatan kepuasan pelayanan publik dengan r_hirung untuk variabel Prasarana (X2) sebesar = 0,372 terhadap Kepuasan Pelayanan (Y). Hal ini berarti r_hitung 0,372 > r_,abel 0,074, maka Ho ditolak clan Ha diterima. Bera1ti ada bubungan yang positif clan signifikan Prasarana (X2) terhadap Kepuasan Pelayanan (Y). Ketiga, terdapat hubungan variabel kualitas pelayanan terhadap peningkatan kepuasan pelayanan publik dengan r _bitung 0, 109 > r_tabel 0,074, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada hubungan yang positif dan signifikan Kualitas Pelayanan (X3) terhadap Kepuasan Pelayanan (Y). Keempat, terdapat hubungan secara simulkan sarana, prasarana dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan Kepuasan Pelayanan Publik bagi Penumpang Pesawat Udara di Bandara Iskandar Pangkalan BUN dengan diperoleh R hitung sebesar 0,459 > R tabel 0,074. Dengan demikian, terdapat hubungan secara bersama-sama antara sarana, prasarana, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40208.pdf
Uncontrolled Keywords: Sarana(Xl ), Prasarana (X2), Kualitas Pelayanan (X3) dan Kepuasan Penumpang (Y)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:21
Last Modified: 16 Sep 2025 03:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11116

Actions (login required)

View Item View Item