Search for collections on Universitas Terbuka Repository

STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEGAWAI KANTOR KECAMATAN MALINAU BARAT KABUPATEN MALINAU

MALOHING, MINCE CAROLINE (2022) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEGAWAI KANTOR KECAMATAN MALINAU BARAT KABUPATEN MALINAU. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pelayanan publik oleh Aparatur Sipil Negara menjacli sorotan rnasyarakat sebagai penerirna layanan, karena tingkatclisiplin yang renclah, pelayanan yang lama clan berbelit-belit, clan kualitashasilpelayanan yang ticlaksesuaiclenganharapanmasyarakat. Penelitian ini mengarnbil juclul "Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pegawai Kantor Kecarnatan Malinau Barat Kabupaten Malinau". Penelitian ini bertujuan untuk rnenganalisis kualitas pelayanan public pegawai clan strategi internal Kantor Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif agar peneliti dapat mengobservasi secara cletil, rnendalam clan rinci melalui penclekatan langsung clengan obyek yang cliamati. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metocle wawancara dan observasi serta mempelajari data berupa laporan clan clokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisis penelitian menunjukkan kualitas pegawai Kantor Kecamatan Malinau Barat clitinjau dari climensi tangible secara keseluruhan belum menunjukkan hasil yang positif karena beberapa indicator menunjukkan hasil negatif, sedangkan ditinjau dari dimensi reliability, responsiveness dan assurance menunjukkan hasil yang positif, namun ditinjau dari dimensi emphaty belum menunjukkan hasil positif, karena terdapat aspek yang harus clilakukan perbaikan, yaitu keramahan pegawai clalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Strategi internal melalui analisis TOWS menempatkan Kantor Kecamatan Malinau Barat pada kuaclran ketiga, sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah melakukan perubahan strategis clengan memanfaatkan peluang yang climiliki untuk meminimalisir kelemahan yang dimiliki. Untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai clengan visi dan rnisi Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau, Kantor Kecamatan Malinau Barat diharapkan dapat melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja pegawai dan organisasi untuk mewujudkan pelayanan yang prima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40245.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas, pelayanan publik, strategi internal
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Sep 2025 04:23
Last Modified: 19 Sep 2025 04:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item