Search for collections on Universitas Terbuka Repository

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN RINDING KABUPATEN BERAU

ALIMI ZAIN, MOCH NUR (2024) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN RINDING KABUPATEN BERAU. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Kantor Lurah Rinding Kabupaten Berau serta faktor yang mempengaruhi kualitas pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Lurah Rinding Kabupaten Berau. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesirnpulan. Teknik pengambilan inforrnan secara purposive sampling sehingga menghasilkan 13 inforrnan yang terdiri dari Lurah Rinding, Petugas pelayanan dan masyarakat. Kerangka pemikiran penelitian menggunakan teori dari Lovelock yang menyebutkan lima dimensi pelayanan publik yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Dalam penelitian ini disimpulkan pelayanan publik di Kantor Lurah Rinding Kabupaten Berau belurn sesuai harapan. Hal ini terlihat dari beberapa dimensi yaitu tangible, kenyamanan tempat pada siang hari dikarenakan kurangnya AC atau kipas angin. Reliability, keahlian petugas pelayanan masih kurang dalam penggunaan alat bantu pelayanan seperti komputer dan printer. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kantor Lurah Rinding Kabupaten Berau adalah jumlah sumber daya manusia yang kurang dan sarana prasarana pelayanan publik yang belum memadai. Hendaknya Kantor Lurah Rinding dapat benar-benar konsisten dalam melaksanakan pelayanan publik berdasarkan peraturan yang berlaku dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40261.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik, Kantor Lurah Rinding
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:50
Last Modified: 22 Sep 2025 02:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item View Item