SUNARIYANTO, DHUHRI (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) TAHUN 2021 OLEH KANTOR PERTANAHAN KOTA MADIUN. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini, kondisi masyarakat secara keseluruhan rnengkhawatirkan pelayanan publik. Penyebabnya adalah sebagai akibat dari pelayanan publik yang tersedia dilakukan pemerintah menempatkan masyarakat sebagai pengguna jasa dan sejalan dengan salah satu fungsi utama birokrasi pemerintahan yaitu fungsi pelayanan. Seperti halnya kantor pertanahan lainnya, Kantor Pertanahan Kota Madiun seluruh Indonesia juga secara bersama-sarna melaksanakan visi, misi serta program kerja organisasi Badan Pertnahan Nasional (BPN). Kondisi ini mernbuat Kantor Pertanahan Kota Madiun perlu melakukan berbagai macam upaya yang tepat agar mendukung terlaksananya target keberhasilan PTSL. Tanggapan masyarakat terhadap PTSL di Kantor Pertanahan Kota Madiun yang dibantu oleh para stakeholder, diharapkan dapat menjadi sebuah cermin dalam rangka terus mcningkatkan kualitas pclayanan pertanahan kedepan. Tcrdapat gap atau pcrbcdaan temuan penelitian terdabuJu terkait persepsi masyarakat terbadap kuafaas pelayanan publik. Berangkat dari beberapa hasil penelitan diatas peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana persepsi peserta PTSL Kota Madiun, terutama dikarenakan tahun 2021 yang merupakan tahun terakhir diselenggarakan PTSL di Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan yakni menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif menjadi satu investigasi. Yang artinya adanya ternuan kualitatifkemudaian dilakukan validasi,justifikasi dan verifikasi melalui kuisioner. Jenis data yang dibutuhkan akan tergantung pada apa yang dibutuhkan oleh penelitian yakni data primer dan sekunder. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yakni pemaharnan masyarakat pada proses pelayanan PTSL di Kota Madiun adalah tidak baik. Selain itu, persepsi r masyarakat te hadap pelayanan PTSL oleh Kantor Pertanahan Kota Madiun cukup baik, ha! ini tentunya perlu terus ditingkatkan agar meningkat menjadi baik. Pelayanan publik PTSL pada Kantor Pertanahan Kota Madiun perlu dilingkatkan dengan fokus pada pelayanan pengaduan. Pengaduan masyarakat perlu ditanggapi secara lebih responsif oleh panitia pelayanan PTSL. Hal ini dapat dilakukan dengan mcnycdiakan saluran komunikasi baik mclalui nomor tclcpon ataupun medfa sosial yang dapat dengan mudah diakses rnasyarakat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information (ID): | 25/40265.pdf |
| Uncontrolled Keywords: | Persepsi Masyarakat, Pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kantor Pertanahan |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:25 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:26 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
