Search for collections on Universitas Terbuka Repository

ANALISIS KEBIJAKAN CITIZEN’S CHARTER (KONTRAK PELAYANAN) SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PENERBITAN SIM DI POLRES SORONG

HARIANJA, MARASI KINDLY (2023) ANALISIS KEBIJAKAN CITIZEN’S CHARTER (KONTRAK PELAYANAN) SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PENERBITAN SIM DI POLRES SORONG. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu pelayanan publik dari berbagai pelayanan publik lainnya yang dimiliki oleh Polri. Negara memberikan wewenang penuh kepada Polri untuk memberikan pelayanan tersebut sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis penyelenggaraan penerbitan SIM di Polres Sorong, 2) menganalisis kebijakan Citizen's Charter (konrak pelayanan) sebagai strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada penerbitan SIM di Polres Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Pengurnpulan data d.ilakuk.an dengan teknik wawancara, observasi dan telaah dokumen. Penelitian ini dilak.'Ukan pada awal September 2021 dengan jumlah responden sebanyak 15 orang yang terd.iri anggota polri dan masyarakat. Lokasi penelitian dilakukan di Polres Sorong. Dari basil penelitian yang penulis lak:ukan didapatkan kesimpulan bahwa pelayanan penerbitan SIM pada polres Sorong masih belum optimal pelaksanaannya kepada masyarakat karena pelayanan penerbitan SIM di Polres Sorong masih bersifat ekslusif dan bersifat elit capture, dengan adanya gap antara kualitas jasa dan dirnensi budaya pada pelayanan penerbitan SIM di Polres Sorong maka dibutuhkan suatu forrnulasi kebijakan strategis guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih prima dibandingkan dengan pelayanan yang sebelumnya. Saran yang penulis berikan yaitu dengan melakukan perbaikan mendasar pada pelayanan penerbitan SIM di Polres Sorong guna meningkatkan kualitas pelayanannya, membangun budaya pelayanan yang baik yaitu memiliki dedikasi, integritas, disiplin, kejujuran, dan amanah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menggunakan software yang bisa ditampilkan langsung di ruang pelayanan sehingga bisa dengan cepat diketahui apa yang menjadi kritikan dan masukan dari masyarakat dalam pelayanan, pada mobil SIM keliling ditambah produknya dengan penerbitan SIM baru, adanya pengawasan yang intens dari Propos Polres Sorong untuk rnemantau petugas pelayanan, dan mengadopsi Citizen's Charter (kontrak pelayanan) yang disusun dan dirancang antara Pol res Sorong dengan stake holder lainnya bersama masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40266.pdf
Uncontrolled Keywords: Kebijkan, Pelayanan Publik, Citizen's Charter (kontrak pelayanan), Surat Izin Mengemud.i (SIM), Undang-Undang.
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:18
Last Modified: 22 Sep 2025 04:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item