Search for collections on Universitas Terbuka Repository

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN STRUKTURAL TERHADAP KOMPETENSI APARATUR SIP

BULU NGONGO, DOMINGGUS (2023) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN STRUKTURAL TERHADAP KOMPETENSI APARATUR SIP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Kabupaten Sumba Barat pegawai dengan esalon II yang belum mengikuti pelatihan tetapi telah menduduki jabatan sebanyak 100% sedangkan yang sudah mengikuti pelatihan tetapi belum menduduki jabatan sebanyak 13.33%, pegawai dengan esalon III yang belum mengikuti pelatihan akan tetapi telah menduduki jabatan sebanyak 14.52% sedangkan pegawai yang telah mengikuti pelatihan tetapi belum menduduki jabatan sebanyak 6.38% dan pegawai dengan esalon IV yang belum mengikuti pelatihan akan tetapi telah menduduki jabatan sebanyak 5.69% sedangkan pegawai yang telah mengikuti pelatihan tetapi belum menduduki jabatan sebanyak 4.20%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kompetensi Aparatur Sipil Negara pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 102 orang dengan sampel penelitian sebanyak 50 orang responden dengan metode penarikan sampel menggunakan slovin. Variabel penelitian ini adalah pendidikan (X,) dan pelatihan (X2) sebagai variable independen dan kompetensi aparatm sipil ngara (Y) sebagai variabel dependen. Perangkat lunak yang digunakan untuk anlisis regresi linier berganda adalah SPSS versi 19. Variabel pendidikan (X,) dan pelatihan (X2) terhadap Kompetensi Pegawai (Y), mak.a dibuatkan persamaan regresi liner berganda sebagai berikut : Y= 4.397 + 2,058X1 + 3,049X2. Hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung 9.006 > 2.80F1abet, maka secara simultan keputusan yang diambil adalah hipotesis Ha diterima artinya variabel pendidikan dan pelatihan secara bersama - sama (simultan ) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi ASN, selanjutnya pengujian koefisien determinan berganda menunjukkan 27.6% variasi kompetensi pegawai dapat dijelaskan oleh variabel Independen yakni pendidikan dan pelatihan sedangkan sisanya 72.4% dipengaruhi oleh faktor yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Harapan dalam penelitian ini adalah kedepan pimpinan pemerintah daerah dalam menempatkan karyawan dalam jabatan tertentu harus memperhatikan kesesuaian bidang ilmu dan karyawan yang telah mengikuti pelatihan kompetensi tertentu sehingga efektifitas dan efisienasi pekerjaan yang dilakukan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40290.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pelatihan dan Kompetensi
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:29
Last Modified: 23 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item