Search for collections on Universitas Terbuka Repository

ANALISIS KINERJA PPEGAWAI PUSKESMAS KEBANYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA LAYANAN

YULIANTI, DEFRI (2024) ANALISIS KINERJA PPEGAWAI PUSKESMAS KEBANYAKAN KABUPATEN ACEH TENGAH BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA LAYANAN. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Kinerja Pegawai pada Puskesmas Kebayakan berdasarkan persepsi masyarakat, serta faktor apa yang mempengaruhi kinerja pegawai dan upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja pegawai pada Puskesmas Kebayakan berdasarkan persepsi pengguna layanan, penelitian ini menggunakan Meteode kualitatif, dengan sampel penelitian total berjumlah 100 orang, yang terdiri dari 10 orang pegawai puskesmas, 10 orang pasien serta 80 orang masyarakat kecamatan kebayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja pegawai puskesmas Kebayakan masih terdapat beberapa ha! yang harus mendapat perhatian yaitu terkait dengan aspek responsiveness atau daya tanggap yang masih membutuhkan peningkatan, masih terdapat keluhan dari masyarakat yang merasa tidak diperhatikan, dan juga masih terdapat ketidak adilan dalam melayani pasien, hal ini terlihat dari budaya antri yang masih tidak diberlakukan oleh pegawai Puskesmas. Faktor yang sangat berpengaruh meningkatkan kinerja pegawai yaitu faktor kemampuan dikarenakan adanya pengalaman kerja pegawai yang bertahun tahun menangani pasien serta penempatan pegawai sesuai dengan kemampuan dan pendidikan, sedangkan upaya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai dikaji dari faktor pemberian harapan, pengembangan dan faktor komunikasi, upaya yang dapat dan telah dilakukan adalah faktor komunikasi, faktor komunikasi adalah dengan memberikan motivasi motivasi kepada pegawai pada saat ada rapat rapat kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 25/40303.pdf
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Pelayanan Kesehatan
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:53
Last Modified: 24 Sep 2025 02:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

View Item View Item