HAPSARI, FITRI YUNIANTO (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO TERINTEGRASI SECARA ELEKTRONIK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI UNIT PENGELOLA PENANAMAN. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemerintah Pusat telah mengeluarkan suatu kebijakan publik yang tertuang dalam Undang-Undang No. I I Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dimana dalam pelaksanaanya menggunakan pendekatan melalui Sistem Pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang dikenal sebagai OSS RBA (Approach Online Single Submission Risk Based). Perizinan berusaha berbasis risiko adalah perizinan berusaha berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha dan tingkat risiko tersebut menentukan jenis perizinan berusaha. Dalam implementasinya, Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai penyelenggara pelayanan perizinan masih terkendala dalam memberikan pelayanan kepada pelaku usaha seperti masih kurangnya pemahaman para pelaku usaha dalam proses perizinan, baik pelaku usaha maupun petugas sering mengalami kendala teknis pada sistem OSS RBA sehingga sulit untuk diakses. Selain itu, masih kurangnya koordinasi dan komunikasi dengan SKPD Teknis dalam memproses perizinan sehingga menghambat jalannya pelayanan publik kepada masyarakat. Dengan demikian harapan adanya Sistem OSS RBA yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam berinvestasi belum dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) komunikasi terhadap kualitas pelayanan publik (2) sumber daya terhadap kualitas pelayanan publik (3) disposisi terhadap kualitas pelayanan publik (4) struktur birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik (5) pelaku usaha/ masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik dan (6) pengaruh secara simultan 5 variabel irnplementasi pelayanan perizinan terhadap kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diserahkan kepada pengguna layanan yang pernah melakukan pelayanan perizinan dengan sistem OSS RBA di Jakarta Selatan dan diperkuat dengan wawancara terhadap para infonnan key. Adapun untuk menganalisis data digunakan teknik analisis SEM berbasis PLS. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Sumber Daya terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif clan signifikan antara Disposisi terhadap tingkat kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif clan signifikan antara Struktur Birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara Pelaku Usaha/Masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. Nilai pengaruh secara keseluruhan variabel independent sebesar 91,3% terhadap variabel dependen clan nilai pengaruh parsial dari 5 variabel independen keseluruhannya bernilai positif dan 4 (empat) diantaranya berpengaruh signifikan sehingga dapat dinyatakan bahwa Terdapat Faktor Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, Struktur Birokrasi, dan Publik secara simultan berpengaruh positif clan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Unit Pengelola Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Selatan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information (ID): | 25/40316.pdf |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Kualitas Pelayanan, Sistem Pelayanan Perizinan Elektronik, Online Single Submission Risk Based, RBA |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:37 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 06:37 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
