Search for collections on Universitas Terbuka Repository

pengaruh kepemimpinan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan kerja kantor

Ramadhani, Niazela (2024) pengaruh kepemimpinan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan kerja kantor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permintaan akan tata kelola pemerintahan yang efektif semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah merespons tantangan ini dengan mengambil langkah-langkah strategis, terrnasuk penyediaan layanan publik yang berkualitas tinggi dan memuaskan. Pelayanan publik diatur oleh beberapa kebijakan, seperti UU No 25/2009 tentang Layanan Publik dan Keputusan Menteri PANRB Nomor 63/KEP/PAN/7/2003. Pelayanan publik menjadi tulang punggung fungsi pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, namun kualitas pelayanan dipengaruhi oleh berbagai faktor, terrnasuk Kepemimpinan dan kepuasa kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kepemimpinan dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan kerja pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pengurnpulan data primer melalui kuesioner dan data sekunder dari berbagai sumber terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi untuk mengetahui hubungan antar variabel. Basil Penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan kerja di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Untuk itu dapat dilakukan beberapa upaya antara lain penguatan kepemimpinan, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan partisipatif, dan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan. Dengan menerapkan upaya-upaya tersebut, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, memotivasi, dan memenuhi kebutuhan pegawai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Publik Service, Leadership,Service Quality, Work Satisfaction. Pelayanan Publik,Kepemimpinan,Kualitas Pelayanan, Kepuasan Kerja
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Oct 2025 08:55
Last Modified: 01 Oct 2025 08:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item