Pagewang, Esra (2024) pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kualitas Pelayanan dan Fasilitas merupakan faktor penentu Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau, untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau, untuk mendeskripsikan dan menganalisis variabel mana yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pasien rawat inap, dari kualitas pelayanan dan fasilitas rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah jumlah kunjungan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau pada bulan Juni sampai dengan bulan Oktober 2023 berjumlah 1.152. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 responden. V ariabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (Xl), Fasilitas (X2), dan Kepuasan Pasien Rawat Inap (Y). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Seluruh item pertanyaan pada setiap variabel dinyatakan valid karena nilai R hitung lebih besar dari pada nilai R tabel sehingga semua item pertanyaan dapat digunakan dalam penelitian. Dari Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 5,119 + 0,064X 1 + 0,41 lX 2. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau, Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Malinau secara simultan. Koefisien determinasi parsial (R 2) menunjukkan bahwa variabel dependen yang terdiri dari Kualitas Pelayanan (X 1 ) dan Fasilitas (X 2) mampu menjelaskan variabel independen yaitu Kepuasan Pasien (Y) sebesar 55,0%. Sedangkan sisanya sebesar 45,0% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:48 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 02:48 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
