Salahuddin, (2024) analisis kinerja bagian organisasi di era otonomi pada sekretariat daerah kota. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Bagi setiap organisasi, pencapaian terget terhadap kinerja organisasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting. Pencapaian target kinerja tersebut dapat sebagai ukuran keberhasilan suatu organisasi dalam kurun waktu tertentu. capaian tersebut juga dapat dijadikan input (masukan) bagi perbaikan suatu peningkatan kinerja organisasi selanjutnya. Dalam instansi pemerintah khususnya pencapaian target kinerja sangat penting berguna untuk menilai produktivitas, responsibilitas, akuntabilitas, efisiensi dan daya tanggap birokrasi, memotifasi para birokrat pelaksana, mendorong pemerintah agar perlu memperhatikan kebutuhan masyarakat yang dilayani, dan menuntun perbaikan dalam pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kerangka pemikiran pada kinerja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Bima ditinjau dari teori Cowling, & Mailer (2013), Hasibuan, (2020), dan Ivancevich. (2019): Produktivitas, responsibilitas, akuntabilitas. Faktor kepemimpinan dan budaya pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Bima. Hasil analisa menunjukan bahwa: 1 ). Kine1ja Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Bima dalam Era Otonomi yang dilihat dari aspek produktivitas yaitu telah di laksanakan dengan baik, responsibiltas dalam pencapaian target kinerja telah di laksanakan dengan prinsip-prinsip administrasi dengan baik dan benar, akuntabilitas ditunjukan dalam kinerja ini adalah tersedianya dokumen-dokumen atas pelaksanaan kegiatan, aspek efisiensi ditunjukan pada pencapaian target kinerja yang memperpendek rantai birokrasi, aspek daya tanggap pelayanan responsif terhadap keluhan-keluhan, dan aspek kepemimpinan dan budaya kerja mempengaruhi kinerja bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Bima. Dengan demikian perlu mempersiapkan para pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan penjelasan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang lebih mendalam di bidang tugasnya serta menerapkan mekanisme kontrol yang tepat dan mengeevaluasi mengevaluasi keluhan-keluhan serta saran dari masyarakat/pengguna jasa dan mencari titik lemahnya sehingga produk pelayanan yang dihasilkan gagal, serta mencari solusi untuk memperbaiki.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:14 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 04:14 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
