Sutarmo, (2024) pengaruh kompetensi pegawai dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Sumber daya manusia merupakan arti penting dari suatu realita bahwa setiap individu manusia merupakan elemen yang paling utama karena selalu ada dalam suatu organisasi. Sumber daya terpenting suatu instansi atau organisasi adalah sumber daya manusia yaitu orang yang telah memberikan tenaga, bakat, k:reatifitas dan usaha mereka kepada organisasi. Oleh karena itu, kemajuan suatu instansi dapat di tentukan dari sumber daya manusia yang mampu menampilkan kualitas pelayanan terbaik dari setiap individu. Untuk dapat menghasilkan kualitas pelayanan yang maksimal, maka kompetensi sumber daya manusia dapat ditingkatkan, faktor lainnya juga harus diperhatikan seperti faktor lingkungan kerja, sehingga pegawai dapat bekerja dengan lebih baik dan tujuan dari organisasi dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Sabang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian survey, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional untuk menarik pengaruh atara variabel bebas (X) dan varibel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Sabang yang berjumlah sebanyak 39 orang, sekaligus dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig) untuk variabel Kompetensi adalah sebesar 0,628 dan nilai t hitung sebesar 0,489 < t tabel (2,028) dan nilai signifikansi (Sig) untuk variabel lingkungan kerja adalah sebesar .0,257 oan nilai t hitung sebesar -1.152 <: t tabel (2,028). Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja, masa kerja, Pendidikan dan usia terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Sabang.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kompetensi, lingkungan kerja, kualitas pelayanan |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:17 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 06:17 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
