Search for collections on Universitas Terbuka Repository

analisis kualitas pelayanan di bandar udara wamena kabupaten jayawijaya

Nobert, (2024) analisis kualitas pelayanan di bandar udara wamena kabupaten jayawijaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bandar Udara Wamena sebagai pintu gerbang penting menuju wilayah Pegunungan Tengah Papua, memiliki kualitas pelayanan yang kurang optimal jika dibandingkan dengan standar pelayanan yang berlaku. Mengacu pada teori model service quality dan expectancy-disconfirmation paradigm, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana kualitas pelayanan terminal penumpang di Bandar Udara Wamena Kabupaten Jayawijaya serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kualitas pelayanan di Bandar Udara Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian kuantitatif didapat dari penyebaran kuesioner kepada 382 orang penumpang Bandar Udara Wamena. Data kualitatif didapat dari wawancara dengan 12 narasumber yang merupakan pengelola, penumpang, dan pengguna Bandar Udara Wamena serta pihak maskapai penerbangan. Data kuantitatif diolah dengan analisis faktor, sedangkan data kualitatif diolah dengan pendekatan analisis induktif umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terminal penumpang di Bandar Udara Wamena Kabupaten Jayawijaya belum optimal. Terdapat beberapa aspek kualitas pelayanan yang kurang baik sehingga perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Terdapat sembilan faktor yang mendukung dan menghambat kualitas pelayanan terminal penumpang di Bandar Udara Wamena Kabupaten Jayawijaya. Faktor-faktor yang mendukung yakni delivery interactional quality, security, reliability of services, value added, dan airport groundhandling services. Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan adalah convenience, leisure facilities, access and mobility, dan airport environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Bandar Udara, Analisis Faktor, Bandar Udara Wamena
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:31
Last Modified: 02 Oct 2025 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item

This repository has been indexed by

BASE OneSearch OpenDOAR RAMA