Search for collections on Universitas Terbuka Repository

pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan masyarakat pada puskesmas toboali kabupaten bangka selatan

Yunitasari, Eni (2024) pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan masyarakat pada puskesmas toboali kabupaten bangka selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas dan fasilitas yang memadai dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Puskesmas Kecarnatan Toboali sebagai pusat pelayanan kesehatan primer di Kabupaten Bangka Selatan memainkan peran strategis dalam memberi.kan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Namun, sebelum penelitian ini dilakukan, terdapat indikasi bahwa masyarakat belum sepenuhnya merasa puas terhadap kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan. Hal ini terlihat dari keluhan yang masih muncul terkait waktu pelayanan, ketersediaan fasilitas, serta pendekatan tenaga medis dalam memberikan layanan. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan oleh peneliti, maka rumusan masalah pada penelitian ini antara lain yaitu: Bagaimanakah pengaruh kualitas pelayanan kesehatan (XI) terhadap kepuasan masyarakat (Y) pada Puskesmas Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan?, Bagaimanakah pengaruh fasilitas kesehatan (X2) terhadap tingkat kepuasan masyarakat (Y) di Puskesmas Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan?, dan Bagaimanakah pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan (XI) dan fasilitas kesehatan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y) di Puskesmas Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan?. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengarub kualitas pelayanan, termasuk reliabilitas, daya tanggap, jaminan, bukti fisik, dan empati tenaga medis, serta kualitas fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, pada pra penelitian pihak manajemen Puskesmas dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Berdasarkan SERVQUAL dan teori disconfirmation of expectations, penelitian ini menilai kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan sesuai dengan kebutuban masyarakat setempat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bail< kualitas pelayanan maupun fasilitas kesehatan memiliki peogaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Analisis regresi menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel ini, dengan kualitas pelayanao dan fasilitas kesehatan yang lebih baik mengbasilkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Hipotesis menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas kesebatao berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien diterima. Temuan ini menegaskan babwa peningkatan dalam kedua aspek tersebut berkontribusi secara nyata terhadap peningkatan kepuasan pasien. Novelty dari penelitian ini terletak pada bagaimana meskipun fasilitas di Puskesmas Kecamatan Toboali sederhana, kepuasan tetap tinggi berkat aksesibilitas yang baik, sistem antrian yang efektif, dan responsivitas tenaga medis. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan berkelanjutan dalam kualitas pelayanan dan fasilitas kesebatan untuk mempertabankan serta meningkatkan kepuasan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, fasilitas kesehatan, kepuasan masyarakat
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Oct 2025 06:22
Last Modified: 03 Oct 2025 06:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item View Item