Delviari, Venny (2024) implementasi pelayanan pengaduan masyarakat di sentra pelayanan kepolisian polsek penukal abab. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi layanan pengaduan masyarakat di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Penukal Abab, khususnya dalam penanganan pengaduan dari masyarakat di wilayah tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yang melibatkan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relevan. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala SPK Polsek Penukal Abab serta masyarakat yang telah membuat laporan polisi. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data untuk menyaring informasi yang penting, penyajian data secara terstruktur, dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan penelitian. Temuan utama penelitian ini mengungkapkan bahwa layanan pengaduan di SPK Polsek Penukal Abab mencakup masyarakat dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Penukal dan Kecamatan Abab. fmplementasi pelayanan ditinjau dari aspek strategi, sistem, sumber daya manusia, dan kepuasan masyarakat pengguna layanan. Hasil temuan dari aspek strategi menunjukkan adanya strategi untuk menghasilkan pelayanan yang baik, namun perlu peningkatan pada sistem dan penggunaan teknologi untuk mempercepat proses pengaduan dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Dari aspek sistem, pelayanan sudah mengacu pada SOP yang telah ditetapkan namun masih ada hambatan sehingga perlu diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan pelayanan dan transparansi. Aspek sumber daya manusia masih menjadi kendala sehingga diperlukannya penambahan petugas dan pemberian pelatihan agar lebih responsif terhadap pengaduan dan memberikan pelayanan yang lebih optimal. Berkaitan dengan kepuasan pengguna layanan menunjukan ketidakpuasan pelayan disebabkan kualitas pelayanan saat ini masih belum optimal. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Polsek Penukal Abab perlu mengimplementasikan strategi pelayanan berbasis teknologi, penerapan sistem yang terintegrasi dengan monitoring dan evaluasi berkelanjutan sesuai dengan standar yang ditetapkan, penambahan petugas dan pelatihan diperlukan untuk meningkatkan kecepatan dan profesionalisme, serta evaluasi kinerja dari masyarakat untuk memastikan pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Pengaduan Masyarakat, Polsek Penukal Abab |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
| Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:39 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 08:39 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/11357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
