Selirowangi, Nisaul Barokati and Daulay, Pardamean and Suparti, (2021) Kurikulum Berbasis Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Softskill Mahasiswadi Perguruan Tinggi. In: Temu Ilmiah Nasional Guru (TING XII) “Membangun Masa Depan Bangsa melalui Merdeka Belajar di Era Digital” Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universi, 25-26 Juli 2020, UTCC – Pondok Cabe, Tangerang Selatan – Zoom Meeting.
|
Text
3. Prosiding TING 2020 Blanded Learning.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan blended learning kurikulum berbasis model ADDIE untuk meningkatkan keterampilan sofftskill mahasiswa. Artikel ini ditulis berdasarkan tinjauan konseptual dari beberapa literatur yang terkait dengan model pembelajaran blanded. Artike ini dimulai dengan fenomena yang terjadi pada pendidikan tinggi, dimana mahasiswa memperoleh pendidikan dalam bentuk pengetahuan yang khas dari disiplin ilmu yang dipelajari. Namun terlepas dari disiplin ilmu pengetahuan, siswa juga membutuhkan soft skill seperti keterampilan berpikir, keterampilan belajar dan keterampilan hidup sehingga siap terjun di masyarakat. Keterampilan lunak ini biasanya diperoleh dari pelatihan yang bersifat khusus. Tetapi proses aktual dari belajar juga merupakan potensi signifikan untuk meningkatkan soft skill. Karena itu artikel menawarkan model pembelajaran blended learning yang menggunakan kombinasi web-bahan pengajaran berbasis dan tatap muka. Melalui model ini, kurikulum dapat dikembangkan agar lebih terbuka sehingga siswa dapat meningkatkan soft skill. Model pengembangan pembelajaran yang dipilih untuk model ini adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Model ini adalah salah satu model yang menjadi panduan dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif, dinamis dan mendukung pembelajaran itu sendiri sehingga dapat membantu dosen.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 22/S0039.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Soft Skill, Blended Learning, Model ADDIE, Mahasiswa |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru XII |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:34 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10009 |
Actions (login required)
View Item |