Strategi Pembelajaran PQ4R Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelas I Sekolah Dasar

Niku, Elpipres (2017) Strategi Pembelajaran PQ4R Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelas I Sekolah Dasar. Project Report. MALANG, UPBJJ UT MALANG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
smstr 1-elpipres.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca dengan dengan penerapan stratengi PQ4R manpu mengingatkan murid apa yang mereka baca dengan langkah pertama murid dapat memulai dengan membaca topik-topik, sub topik utama, judul dan sub judul, kalimatkalimat permulaan atau akhir suatu paragraf, atau ringkasan pada akhir suatu bab. Apabila hal itu tidak ada, murid dapat memeriksa setiap halaman dengan cepat, membaca satu atau dua kalimat di sana-sini sehingga diperoleh sedikit gambaran mengenai apa yang akan dipelajari. Perhatikan ide pokok yang akan menjadi inti pembahasan dalam bahan bacaan murid.Murid diminta .untuk merenungkan (mengingat) kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan butir-butir penting dengan nyaring dan dengan menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Pada langkah terakhir murid diminta untuk membaca catatan singkat (intisari) yang telah dibuatnya, mengulang. kembali seluruh isi bacaan bila penlu dan sekali lagi jawab pertanyaanpertanyaan yang diajukan.Berdasarkan uraian diatas, penulis terdorong untuk melakukan penulisan kajian pustaka dengan penerapan strategi PQ4R pada kelas I SD agar dapat meningkatkan kemampuan membaca . Selanjutnya, penerapan strategi PQ4R ini diharapkan dapat menemukan pola yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman murid dari strategi PQ4R sehingga hasilnya dapat diterapkan pada kondisi pembelajaran yang lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 22/G0018.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi, PQ4R, Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:13
Last Modified: 02 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item