Pengaruh Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Kecamatan Bandar Sribhawono

Roslina, (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Kecamatan Bandar Sribhawono. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44420.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran Number Heads Together (NHT) memiliki kemampuan berfikir kritis matematis lebih baik dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) apakah ada perbedaan kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik antara kelompok minat tinggi, kelompok minat sedang dan kelompok minat rendah pada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran ekspositori. (3) apakah terdapat interaksi antara faktor metode pembelajaran yang diberikan dengan kategori minat peserta didik terkait dengan kemampuan berfikir kritis matematis. Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment dengan desain faktorial 2x3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Kecamatan Bandar Sribhawono. Dengan teknik random sampling diperoleh SDN 3 Bandar Agung sebagai sampel yang terdiri dari 43 orang peserta didik, 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dikelas IV .a mendapatkan pembelajaran dengan metode NHT dan 21 orang peserta didik di kelas IV.b sebagai kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil kemampuan berpikir kritis dam angket minat belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji analisa varians dua jalur dengan bantuan software SPSS 22.0. Dari hasil analisis data ditemukan, pertarna: kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh rnetode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada peserta didikyang memperoleh pembelajaran dengan metode ekpositori. kedua kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kategori minat belajar tinggi lebih baik dari pada peserta didik dengan kategori minat sedang dan rendah. Ketiga terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan minat belajar dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44420.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematical critical thinking ability; NHT; Interest to learn, Kemampuan Berpikir kritis Matematis; NHT; Minat belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:44
Last Modified: 11 Dec 2023 07:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item